Berita Wine di Dunia Saat Ini – Whisperridgewinery

Whisperridgewinery.com Situs Kumpulan Berita Wine di Dunia Saat Ini

Berbagai Negara Penghasil Wine di Eropa

Berbagai Negara Penghasil Wine di Eropa – Eropa mampu menghasilkan sekitar dua pertiga dari seluruh wine di dunia. Produksi global diperkirakan mencapai 271 juta hektoliter, atau 27,1 miliar liter. Yang mengejutkan, tiga produsen teratas Eropa membuat di antara mereka hampir setengah dari total global dan sekitar 80 persen wine benua.

Tahun ini sebenarnya merupakan tahun yang sulit bagi kilang wine karena bahaya iklim, dengan Prancis dan Jerman dua dari sedikit negara yang mengalami pertumbuhan produksi.

Berikut ini adalah ikhtisar dari beberapa negara teratas dari Eropa.

1. Prancis – 46,2 juta

Berbagai Negara Penghasil Wine di Eropa

Lonjakan 10 persen telah membuat Prancis menyalip Italia untuk gelar produsen wine teratas tahun ini di Eropa dan dunia, setara dengan sekitar 7 miliar botol. Wine Prancis menelusuri sejarahnya hingga abad keenam SM, dengan banyak wilayah mengencani sejarah pembuatan wine hingga zaman Romawi. Berdasarkan hukum UE, wine yang diproduksi di luar wilayah Champagne tidak diizinkan untuk menyandang gelar Champagne. Varietas populer lainnya termasuk Pinot Noir dan Chardonnay, yang dengan sendirinya memiliki sekitar 30 varietas berbeda yang mencakup berbagai macam rasa.

2. Italia – 44,4 juta

Italia telah terangkat dari posisi teratas berkat penurunan 15 persen dibandingkan tahun 2013, yang menghasilkan 52,4 juta hektoliter. Menurut pakar industri, varietas wine paling populer untuk wine merah adalah Montepulciano, Barbera, Sangiovese, dan Merlot. Tocai adalah pilihan wine putih paling populer, mungkin agak mengejutkan di depan makanan pokok seperti Pinot Grigio dan Prosecco.

3. Spanyol – 37 juta

Lompatan besar ke Spanyol, di mana 37 juta hektoliter wine akan diproduksi pada akhir tahun. Ini mewakili penurunan 19 persen, tetapi negara Iberia masih jauh di atas Amerika Serikat (22,5 juta). Varietas populer termasuk Rioja, baik dalam variasi merah dan putih. Tahun lalu, rekor produksi wine mencapai 45,7 juta hektoliter.

4. Jerman – 9,7 juta

Ini merupakan tahun yang kuat bagi industri wine Jerman, dengan produksi naik 16 persen. Lima varietas putih teratas adalah Riesling, Mueller-Thurgau, Silvaner, Pinot Grigio, dan Pinot Blanc dengan varietas merah paling populer termasuk Pinot Noir, Dornfelder, Portugieser, Trollinger, dan Black Riesling. Sekitar 60 persen wine yang dibuat di sini adalah wine putih.

5. Portugal – 5,9 juta

Pindah ke tersangka yang mungkin lebih akrab, Portugal berada di peringkat 11 di dunia dan terkenal dengan varietas merah kelas tinggi. Output turun enam persen tahun ini, dengan wine merah dan mawar menyumbang sekitar 70 persen dari semua produksi.

6. Rumania – 4,1 juta

Berbagai Negara Penghasil Wine di Eropa

Rumania menghasilkan lebih banyak wine daripada Selandia Baru meskipun terjadi penurunan 20 persen tahun ini, sekali lagi karena kondisi iklim yang buruk. Feteasca Alba dan Feteasca Regala adalah varietas putih utama, diikuti oleh Riesling, Aligote, Sauvignon, dan Muscat. Varietas merah unggulan adalah Merlot dan Cabernet Sauvigno. Sekitar 85 persen ruang kebun wine didedikasikan untuk pertumbuhan wine putih.

7. Yunani – 2,9 juta

Meskipun turun 13 persen tahun-ke-tahun, Yunani masih menempati peringkat di atas Brasil dan ke-14 di dunia. Jerman mengimpor wine dalam jumlah besar dari negara itu (kira-kira 45 persen dari ekspor winenya), dengan daerah penghasil utama termasuk Yunani Utara, Yunani Tengah, Peloponnese dan Kepulauan Ionia, Kepulauan Aegean, dan Kreta.

8. Hongaria – 2,7 juta

Salah satu produsen yang paling berkembang dan akan datang di Eropa, produksi Hungaria akan meningkat tiga persen tahun ini dan produksi tahunan telah tumbuh satu juta hektoliter sejak 2010 menjadi 2,7 juta. Wilayah wine Tokajnya berisi lebih dari 11.000 hektar dan reputasinya tumbuh dari tahun ke tahun, paling tidak di festival wine tahunan Budapest yang diadakan di lingkungan Kastil Buda yang menakjubkan, menghadap ke gedung parlemen di seberang Danube.

9. Austria – 2,25 juta

Tahun ini Austria berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan 2,25 juta hektoliter, turun enam persen. Sebagai produsen yang didominasi wine putih, ukuran rata-rata perkebunan winegrowing telah meningkat secara signifikan selama dua dekade terakhir. Negara ini memiliki tiga klasifikasi untuk winenya: “Tafelwein” (wine meja), “Qualitaetswein” (wine berkualitas), dan “Praedikatswein” (wine premium).

10. Bulgaria – 1,3 juta hektoliter

Peringkat ke-18 produsen terbesar di dunia, Bulgaria membuat pilihan wine yang semakin modis termasuk Red Misket, Muskat Ottonel, dan Rkatsiteli. Tahun ini diperkirakan akan mencapai 1,23 juta hektoliter, yang sebenarnya merupakan penurunan sekitar 30 persen akibat iklim yang buruk. Negara ini memiliki sekitar 80.000 hektar kebun wine.

Back to top